Kamis, 17 Maret 2016

DIAN PINSA WAPINSA

Setelah melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan atau PTA, selanjutnya kita melaksanakan kegiatan Dianpinsa Wapinsa. Apa itu Dianpinsa Wapinsa? Dianpinsa Wapinsa merupakan Gladian Pemimpin Sangga dan Wakil Pemimpin Sangga. Jadi, kalian pasti udah bisa nebak, yang ikut dalam kegiatan ini hanya ketua dan wakil sangga saja.
Nah, untuk ambalan kita ini, Cakra Buana Wijaya Kusuma melaksanakan kegiatan Dianpinsa Wapinsa pada hari Sabtu-Minggu, 5-6 September 2015. Kegiatan ini  juga dilaksanakan di SMA N 2 Kendal.

Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan PTA, karena kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik, termasuk juga untuk memimpin diri sendiri, atau bisa juga di organisasi lain.

Kegiatan Dianpinsa Wapinsa ini berisi dengan materi-materi yang akan diberikan kepada peserta Dianpinsa Wapinsa. Materi-materi tersebut ada 5 yaitu Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Manajemen Organisasi, Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, Scout for Change dan Leadership (Kepemimpinan).

Setelah semua materi yang diberikan selesai, dilanjutkan dengan acara “Coffee Break”. Acara ini hanya sekedar minum kopi bersama dan cerita-cerita. Namun, para peserta Dianpinsa Wapinsa merasa senang dan juga ikut berpartisipasi. Salah satu peserta  yang bernama M. Khoirul Umam mengatakan, bahwa acara Coffee Break sangat menyenangkan karena bisa santai dan cerita-cerita. Tidak hanya para peserta, kita sebagai penegak yang melaksanakan kegiatan juga merasa senang, terlebih lagi dengan acara ini kita dapat mengenal jauh dengan sesama penegak yang lain ataupun senior dan alumni, dan juga mengenali sikap adik-adik kelas X. Kita semua berkumpul di tengah lapangan dan membentuk sebuah lingkaran yang besar, kemudian kita bercanda dan bersenang-senang. Di tengah lingkaran itu nanti akan ada beberapa orang yang akan memberikan sebuah permainan, dan yang lainnya menonton dan juga menyorakinya. Pada saat Coffee Break ini, kita semua tidak memandang perbedaan antara kakak bantara dan adik kelas X, namun kita semua sama. “Kita berada di tempat yang sama dan kita semua adalah saudara, dan malam ini saatnya kita bersenang-senang jadi tidak ada yang boleh merasa takut, karena acara Coffee Break ini acara santai dan kebersamaan,” tutur ketua kegiatan Dianpinsa Wapinsa, Andi Prasetyo.

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan lebih baik. Ilmu yang kita dapatkan dari kegiatan ini sangat bermanfaat. Banyak dari kita yang belum tahu bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik. Kita juga dapat mengambil sikap yang baik dari kegiatan ini, karena kita mendapat ilmu dan pengalaman yang baru, kedisiplinan, dan kebersamaan bersama teman baru juga.

0 komentar:

Posting Komentar