Sabtu, 21 Juli 2018

CBWK Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah


Penampilan Dance Semaphore Dewan Ambalan CBWK. Jum'at (20/07) Pagi
Tahun pelajaran 2018/2019 telah dimulai, seperti sekolah pada umumnya siswa baru diberi pembekalan dan orientasi tentang sekolahnya. Kegiatan ini dinamakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (read: MOS). Pengenalan Lingkungan Sekolah ini ditekankan pada pengenalan sistem, kebijakan dan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

Ambalan Cakra Buana-Wijaya Kusuma Gugus depan 01.113 – 01.114 SMA N 2 Kendal  diberi kesempatan oleh sekolah dan panitia PLS  untuk mengisi acara pada hari Jumat, 20 Juli 2018. Dalam hal ini ambalan mengisi acara seharian penuh dari jam 07.00 – 14.30. Dewan Ambalan dan pembina menyambut baik kesempatan yang diberikan sekolah dan panitia PLS dengan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Mulai dari jadwal kegiatan sampai materi dan ice breaking.

Pada pukul 07.00 dimulai dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan penampilan Dance Semaphore oleh penegak bantara angkatan 48. Para penegak bantara menampilkan dance semaphore dengan kompak dan penuh semangat. Siswa baru yang baru pertama kali melihat penampilan dewan ambalan CB-WK memberikan applause dan teriakan yang gemuruh.

Selain itu, kelas XI dan XII ikut mengapresiasi dengan berbondong-bondong keluar kelas melihat dari lantai atas. Pemandangan ini tidak seperti tahun sebelumnya dimana pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib tidak perlu mempromosikan diri di hadapan siswa baru. Sehingga, banyak yang ingin menyaksikan kemeriahan penampilan ekstra pramuka.
Kak Dra. Endang Sri Utari memberikan pembekalan Sistem Pendidikan Kepramukaan di SMA N 2 Kendal.
Penampilan dance berlangsung selama setengah jam. Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan sistem pendidikan kepramukaan di SMA N 2 Kendal oleh pembina Gugus depan, Kak Dra. Endang Sri Utari yang telah mendapatkan penghargaan Lencana Pancawarsa III dari Kwartir Cabang Kendal.
Pemaparan Sistem Registrasi Online oleh Kak Ghozwatul Fikri Arfinanda
Di samping itu, siswa baru diminta mengisi formulir Sistem Regristasi Online Pramuka Ambalan Cakra Buana-Wijaya Kusuma. Sistem ini dapat meminimalisir penggunaan kertas sejalan dengan Visi Misi Sekolah Berwawasan Lingkungan, dan juga meminimalisir kehilangan data cetak. 

Selanjutnya pada pukul 10.00 – 11.00 diberikan materi tentang Struktur Organisasi Dewan Ambalan Cakra Buana – Wijaya Kusuma dan dilanjutkan sholat Jumat berjamaah di lingkungan sekitar SMA N 2 Kendal.
Siswa baru mengikuti kegiatan Outbond 
Seusai sholat Jumat siswa baru diajak bersenang-senang dalam kegiatan outbond. Siswa baru diajak untuk bekerja sama dalam kelompok dan diasah kekompakanya.  Acara diakhiri dengan apel penutupan oleh Pembina. (Silvi/cbwk)


1 komentar: